Selamat datang

Selamat datang, bagi teman-teman yang mengunjungi web ini, kami menantikan saran, kritik yang bersifat membangun untuk bersama-sama kita kembangkan potensi perikanan dan kelautan yang ada.

Rabu, 23 Juni 2010

BPPP- Ambon sebagai Tempat Uji Kompetensi

BP3 AMBON SEBAGAI TEMPAT UJI KOMPETENSI BIDANG KELAUTAN DAN PERIKANAN

TELAH DILAKSANAKAN UJI KOMPETENSI PENANGKAPAN TUNA DENGAN MENGGUNAKAN LONG LAIN TERHADAP 60 PESERTA

Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon telah lulus sertifikasi sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Bidang Kelautan dan Perikanan pada bulan Mei 2010 Sertifikat dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)no 024/KPTS/LSP/KP/V/2010 Tanggal 17 Mei 2010


Tanggal 15 s/d 19 Juni 2010 telah dilaksanakan uji kompetensi Penangkapan Tuna dengan Long Line sejumlah 60 peserta di kampus BP3 Ambon . Pesertanya terdiri dari Alumni SMK kelautan yang ada di sekitar kota Ambon, SMK Kelautan Banda dan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) - Ambon. TUK BP3 Ambon yang dibentuk merupakan pelengkap dari lembaga pelatihan. Sehingga di BP3 Ambon ada bidang yang secara khusus menangani pelatihan, ada pula yang menangani uji (asesmen).
Pada saat Penutupan Hari Senin Tanggal 20 Juni 2010 , Kepala BP3 Ambon (Moch Heri Edy) menyatakan dalam sambutannya bahwa sertifikasi kompetensi dalam menghadapi dunia kerja merupakan hal yang sangat penting karena pasar kerja membutuhkan tenaga yang kompeten di bidang pekerjaannya, ini hanya dapat dibuktikan melalui sertifikasi kompetensi. Lembaga Pendidikan kewenangannya hanya mendidik dan menerbitkan ijazah bagi peserta didik yang dinyatakan lulus, tanpa dilengkapi dengan sertifikat kompetensi pada masa yang akan datang akan kesulitan mencari pekerjaan. Oleh karena itu beruntunglah bagi peserta uji kompetensi yang direkomendasikan kompeten oleh asesor sehingga dapat diterbitkan sertifikat kompeten. Di bidang Penangkapan Tuna dengan Long Line tenaga kerjanya dipersyaratkan untuk memiliki sertifikat kompetensi yang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar